Halaman

Minggu, 03 April 2011

HANDPHONE DAN RADIASI

   Di zaman seperti ini wajar-wajar saja apabila hampir seluruh penduduk dunia memiliki alat komunikasi yang disebut dengan handphone. Komunikasi adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia dan handphone atau ponsel memberikan peranan yang sangat penting untuk mempermudah manusia dalam dunia informasi dan komunikasi. Semakin lama muncul berbagai macam merk dan tipe handphone dengan menawarkan fitur-fitur andalan dan kelebihan lainnya, pasar handphone pun menjadi sangat menjajikan . Handphone lama kelamaan bukan hanya menjadi bagian dari alat komunikasi saja tetapi juga bagian penting dari lifestyle seseorang.
   Tapi taukah Anda, di balik itu semua ada bahaya yang cukup besar mengancam kesehatan Anda. Ya, selain menjadi bagian penting dari hidup kita dan memiliki berbagai kelebihan ,handphone juga memiliki kekurangan dan beberapa diantaranya harus kita waspadai meski tidak bersifat mutlak. Salah satunya yaitu bahaya radiasi. Berikut akan saya jelaskan beberapa hal mengenai radiasi handphone dan bahanya bagi kesehatan.

1. Berapakah nilai radiasi yang aman untuk ponsel kita?
    Pengukuran kadar radiasi sebuah ponsel umumnya disebut dengan Specific Absorption Rate (SAR). Pengukur energi radio frekuensi atau RF yang diserap oleh jaringan tubuh pengguna ponsel bisa dinyatakan sebagai unit dari watts perkilogram (W/kg). Batas SAR yang ditetapkan oleh International Commission on Non-Ionizing Radiation Protection (ICNIRP) adalah 2.0 W/kg. Sementara The Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) juga telah menetapkan sebuah standar baru yang digunakan oleh negara Amerika dan negara lain termasuk Indonesia dengan menggunakan batas 1.6 W/kg. Meski demikian ada beberapa orang yang merasa pusing dan terasa panas pada telinga sehabis menelpon dengan handphone yang dikategorikan aman (batas 1.6 W/kg). Jadi untuk menjauhkan kemungkinan terburuk beberapa pendapat menyebutkan yang betul-betul aman adalah yang radiasinya dibawah 1 W/kg. Penting bagi Anda untuk mengecek terlebih dulu ponsel Anda dan waspadai apabila tidak ada keterangan tingkat radiasi pada ponsel Anda.

2. Handphone apa saja sih yang memiliki radiasi yang paling tinggi?
    Menurut EWG (Enviromental Working Group) per tahun 2010 , berikut disebutkan daftar Handphone dengan radiasi tertinggi di dunia 
  a. Blackberry Bold 9700, AT&T, T Mobile 1.55 W/kg
  b. Motorola Droid, Verizon Wireless, 1.50 W/kg
  c. LG Chocolate Touch (VX8575), Verizon Wireless,1.46 W/kg
  d. HTC Nexus One by Google, T-Mobile, 1.39 W/kg
  e. Apple iPhone 3G S, AT&T, 1.19 W/kg
  f.  Samsung Instinct HD (SPH-M850), Sprint,1.16 W/kg
  g. Motorola CLIQ with MOTOBLUR, T-Mobile,1.10 W/kg
  h. Samsung Mythic (SGH-A897), AT&T,1.08 W/kg
  i.  Pantech Impact, AT&T, 0.92 W/kg
  j.  Motorola Brute i680, Sprint, 0.86 W/kg

3. Bahayanya bagi kesehatan
    Salah satunya yaitu kanker payudara, seperti contoh  yang dialami seorang wanita asal California Selatan, Andrea. Ibu muda ini telah lebih dari enam tahun menyelipkan ponselnya ke bra ketika ia sedang berolahraga. Ia menggenakan headset dan membuat panggilan selama empat-lima jam sehari.Dan setelah itu seringkali dada dan telinganya memerah, namun ia membiarkannya. Tapi akhirnya ia terkena tumor ganas yang terletak di dadanya, padahal tak seorang pun di keluarganya pernah menderita kanker payudara. Hal ini sangat memprihatinkan bagi  semua orang khususnya untuk wanita. Selain itu juga dapat menyebabkan kanker otak , yaitu kaitannya dengan penggunaan handphone pada telinga manusia untuk keperluan berbicara atau telepon. Selain itu ada yang berpendapat bahwa penggunaan ponsel secara terus menerus selama lima sampai 18 tahun atau lebih, dapat beresiko lebih tinggi terkena kanker leukemia atau kanker pankreas serta  dapat menyebabkan penurunan jumlah produksi sperma sampai 80 persen.
4. Cara mengurangi radiasi handphone

  • - Usahakan jangan letakan ponsel terlalu dekat telingga /otak.
  • - Belilah ponsel dengan radiasi rendah.
  • - Gunakan Speaker phone pada saat menggunakan ponsel.
  • - Gunakan headset / earpiece pada saat berkomikasi.
  • - Jangan letak ponsel dalam satu ranjang pada saat tidur. 
  • - Usahakan jangan masukan ponsel di kantong, tapi ditas.   
  • - Jika akan berbicara lama, gunakan telephone umum.
  • - Jika memungkinkan lebih baik gunakan untuk sms.
  • - Jangan gunakan saat sinyal dan batrei dalam kondisi lemah. 
  • Batasi penggunaan pada anak, karena anak menyerap radiasi 2x. 
  •   lebih baik daripada dewasa.
  • - Jangan gunaka radiasi shield.






  • Semoga Bermanfaat :)

    Dari berbagai sumber









  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar